Alhamdulillah, akhirnya kerjaan kantor sedikit lagi hampir selesai. Akhir pekan ini ada waktu untuk namatin film-film yang sudah terlanjur terbaring manis di hardisk eksternalku semenjak setahun yang lalu. Tumben ya bahasanya pake ‘aku-akuan’, biasanya kan pake ‘saya-saya-an’. Tau ah, lagi pengen kelihatan lebih imut aja. Hehehe.

Kemarin hari terakhir di obrik, sempet bandel sedikit, mumpung internetnya kenceng, kupake aja buat download The Conjuring sama Wolf of Wall Street di Indowebster. Tapi ngubek-ngubek subtitle-nya The Conjuring satupun nggak ada yang pas. Videonya kayaknya yang salah timing di menit-menit awal. Hiks hiks. Akhirnya nyoba untuk muter Wolf of Wall Streetnya Leonardo dulu, lima belas menit pertama langsung bosen. Akhirnya sepanjang Sabtu pagi kemarin cuma bengong mandangin laptop sambil muter lagu-lagu Air Supply berulang-ulang.

Kutengok isi hardisk eksternal, ada satu film yang judulnya lumayan panjang. Eternal Sunshine of The Spotless Mind. Pemerannya Jim Carrey sama Kate Winslet. Kupikir film komedi karena ada Jim Carrey-nya. Kutonton deh. Lima belas menit awal, buatku nggak bagus-bagus amat sih. Tapi nggak jelek-jelek juga. Cuma emang rada ngebosenin. Tadinya udah mau kumatiin ini film, sampe kemudian di satu scene, aku baru tau inti dari film ESoTSM ini.

Jadi ceritanya, Jim Carrey (Joel) sama Kate Winslet (Clementine) ini pasangan kekasih gitu deh, ya belum nikah, namanya juga bule. Mereka sudah sering menghabiskan waktu bersama dan segala macemnya. Suatu hari mereka bertengkar, lalu si Clementine pergi dari rumah mereka. Berencana minta maaf, akhirnya si Joel beli kado untuk dikasih ke Clementine. Lalu si Joel datang ke tempat kerjanya Clementine. Tapi itu hanya bikin Joel stress karena pada saat Joel datang, Clementine malah bersikap seolah-olah nggak kenal sama Joel dan malah dekat sama seorang laki-laki muda. Sakit hati, Joel pulang. Tapi kemudian dia menemukan selembar kertas dari Lacuna Inc. yang isinya menjelaskan bahwa si Clementine sudah memutuskan untuk menghapus Joel dari ingatannya.

Ternyata Lacuna Inc. Merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di pelayanan penghapusan memori. Beuh. Si Clementine yang digambarkan sebagai perempuan yang impulsif dan cenderung meledak-ledak. Bertindak tak terkontrol. Jadi sekalinya dia sebel, dia langsung mengambil keputusan secara membabi buta. Nah, pas Joel sama Clementine habis bertengkar inilah si Clem langsung memutuskan untuk menghapus Joel dari ingatannya. Itu sebabnya ketika si Joel datang ke tempat kerja Clementine, Clementine sudah benar-benar nggak ingat sama Joel.

Akhirnya Joel-pun datang ke Lacuna Inc. Dia mencoba mencari tahu kenapa Clementine menghapus Joel dari ingatannya.  Si dokter yang dulu menangani Clementine cuma bilang “She was not happy and wanted to move on”.  Dia merasa sakit hati karena Clementine menghapus semua memori yang pernah mereka lalui bersama. Akhirnya Joel juga meminta agar memori tentang Clementine dihapus dari ingatannya. Wah pokoknya ribet deh ini film, isinya tentang hapus-menghapus ingatan.

Tapi kok sepertinya cerita film ini mirip seperti apa yang sedang kubutuhkan sekarang. Sewaktu nonton film itu, aku seperti ngerasa bilang. Hei, itu loh yang kubutuhin. I am not happy and I want to move on -_- halah, hehehe. Seandainya Lacuna Inc. itu benar-benar ada, aku pingin menghapus beberapa memori dan beberapa orang dari ingatanku. Aku mau kembali lahir menjadi diriku sebelum mengenal orang-orang itu. Lacuna oh Lacuna, andai aku hidup di dalam film.

–>