Tag

Akhirnya kesampaian juga mau belajar bikin kue. Berhubung saya suka sekali dengan segala macam olahan ketan hitam. Maka saya memutuskan untuk membuat snack berbahan ketan hitam. Pilihan jatuh kepada kue bantet alias brownies. Hehehe. Saya pun segera menjelajah kota Banda Aceh untuk mencari di mana tepung ketan hitam yang saya butuhkan berada. Namun sayang dari Ujung Batee sampai Ujung Blang, tidak ada yang menjualnya. Halah. Hahaha. Akhirnya berdasarkan rekomendasi dari seorang penjual sembako di Pasar Peunayong, saya bertekad membuat sendiri tepung ketan hitam. Saya membeli beras ketan hitam sebanyak setengah kilogram untuk saya olah.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Rendam beras ketan hitam dalam wadah selama satu malam.
2. Jemur ketan hitam yang sudah direndam di bawah terik matahari, tidak perlu sampai sangat kering. Biarkan ketan hitam tetap lembab.
3. Blender sedikit demi sedikit ketan hitam agar blender tidak rusak. Pengalaman saya pakai blender murahan. Blender jadi sering ngadat kalau overload muatan😀
4. Setelah diblender, jemur kembali ketan hitam yang sudah halus.
5. Setelah itu, tepung ketan hitam yang sudah dijemur sampai kering, diblender kembali kemudian di ayak.
6. Simpan dalam wadah tertutup. Tepung ketan hitam siap digunakan.

Akhirnya saya sudah memiliki bahan utama untuk membuat kue kesukaan saya. Yee..
Rencananya saya mau membuat kue ini untuk seseorang. Menyajikan makanan kesukaan saya untuknya. Semoga dia suka😀
Hari Ahad, 17 Nopember kemarin, akhirnya saya memutuskan untu mengolah tepung ketan hitam tersebut menjadi brownies. Setelah surfing di beberapa blog yang menyajikan resep-resep. Ada satu blog yang membuat saya jatuh cinta (http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2011/05/bronketem-brownies-kukus-ketan-item.html).

Berikut resep dan langkah-langkahnya:
Bahan :
250 gr tepung ketan hitam
20 gr coklat bubuk
6 butir telur
2 sdm susu kental manis
1 sdt ovalet
1/4 sdt garam
1 sdt vanili
100 gr dark chocolate
200 gr mentega
Coklat Meses

Langkah Membuat:
1. Ayak coklat bubuk dan tepung ketan hitam dan campur jadi satu. Sisihkan.
2. Lelehkan dark chocolate dan mentega dengan cara dikukus. Sisihkan hingga dingin.
3. Kocok telur, garam, ovalet, dan gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang. Lalu tambahkan vanili dan susu kental manis.
4. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan coklat bubuk. Bisa sambil diaduk dengan mixer atau dengan teknik aduk balik. Katanya, jika memasukkan tepung ke dalam hasil kocokan telur menggunakan mixer, jika tidak biasa maka bisa-bisa hasilnya akan bantet. Tapi kalau memang tujuannya adalah membuat kue bantet alias brownies ya nggak masalah. Tapi saran saya, nggak ada salahnya untuk mempelajari teknik aduk balik. Yaitu suatu teknik untuk mencampur dua adonan yang beda masa jenisnya. Supaya adonan menjadi rata dan homogen. (Cek video teknik aduk balik disini https://pujulisme.wordpress.com/2013/11/21/teknik-aduk-balik-dalam-membuat-kue/ )
5. Masukkan campuran dark chocolate dan mentega yang telah dilelehkan. Aduk balik.
6. Masukan setengah bagian adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
7. Kukus selama sepuluh menit hingga setengah matang. Tuangkan meses sebagai filling. Lalu kukus kembali selama dua puluh lima menit hingga brownies matang.

8. Setelah matang, rapikan pinggiran brownies dengan pisau tajam. Lalu oleskan dark chocolate yang sudah dilelehkan (tanpa mentega) untuk lapisan luarnya supaya lebih yummy😀

Nah, setelah itu jadi deh….Foto-foto tepung dan browniesnya di-upload nanti ya. Dengan tepung 250 gram saya membuat dua loyang brownies ukuran sedang. Satu loyang buat teman kos. Satu loyang lagi mau saya beri ke “ehm..ehm”. Eh ternyata “ehm, ehm..” yang saya maksud sedang tidak ada di tempat. Akhirnya oleh seorang teman, kue itu dibawa ke kantor. Hehehe. Kata orang-orang yang mencoba sih katanya kuenya enak. Hehehe. Mudah-mudahan itu pendapat jujur dan bukan sekedar menghibur saya yah😀

Besok, bikin apalagi ya… Ada request?🙂